nusakini.com-- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyaksikan pagelaran teater kebangsaan berjudul Tripikala bertempat di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat, Senin (23/1). 

Teater Tripikala yang yang disutradarai oleh Agus Noor dan penata musik Djaduk Ferianto ini dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Presiden ke 5 Republik Indonesia, Megawati Soekarno Putri. 

Megawati merupakan anak kedua dari pasangan Presiden Soekarno dengan ibu negara Fatmawati. Megawati yang lahir pada 23 Januari 1947 ini merupakan sosok negarawan, politisi, dan juga figur yang menginspirasi dengan sikap yang konsisten. 

Acara ini juga turut dihadiri oleh Presiden Joko Widodo dan sejumlah menteri kabinet kerja seperti Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki H, Menteri Luar Negeri Retno Mursadi, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara. 

Teater Tripikala ini bercerita tentang seorang raja yang sedang sakit, agar sembuh dari penyakit, sang raja yang diperankan oleh Butet Kertaredjasa mesti minum air suci Tripikala. Petualangan pencarian air suci pun dilakukan oleh kedua anaknya yang dimainkan oleh Cak Lontong dan Insan Nur. 

Perjalanan mencari Tripikala bukan semata menemukan air suci, namun juga upaya memahami bagaimana menjadi pemimpin. Ketika dua anak raja menemukan air suci pelajaran sesungguhnya ialah bagaimana mereka menghayati bila menjadi seorang pemimpin.(p/ab)